Salah satu pilar utama dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan ini sangat penting dan berguna karena merupakan kewajiban bagi dosen untuk mengabdikan ilmunya kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini diselenggarakan di SMAN 1 Cileunyi, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, pada hari Jumat, 18 Oktober 2019 sampai dengan hari senin, 4 November 2019. Tema dari pengabdian masyarakat ini adalah “Pemberdayaan Remaja dalam Optimalisasi Peningkatan Pengetahuan Tentang Reproduksi Remaja Melalui Pembentukan Peer Group dan Pojok Remaja”. Pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh 8 Dosen dari Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Bhakti Kencana serta berkerjasama dengan pihak Puskesmas Cibiru Hilir sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik.

Penyerahan sertifikat dan plakat dari Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (Dr. Ratna Dian K. M.Kes) kepada Pihak SMAN 1 Cileunyi, Bandung yang diwakili oleh Sri Suharti, M.PFis

Peer Group antara dosen fakultas ilmu kesehatan dengan siswa yang terpilih menjadi duta remaja dan tim, untuk pembentukan program kesehatan remaja di SMAN 1 Cileunyi, Bandung, serta terbentuknya Pojok Remaja, Program Pojok remaja merupakan suatu model asuhan kesehatan sekolah yang dapat diterapkan oleh tenaga kesehatan komunitas dalam mengkaji kebutuhan dan sumber-sumber serta mengidentifikasi nilai-nilai dalam populasi remaja melalui penyusunan suatu program dalam pemenuhan kesehatan reproduksi remaja di sekolah dan kelompok remaja melalui integrasi model pelayanan kesehatan disekolah dengan program UKS (Unit Kesehatan Sekolah). Kegiatan ini dimonitoring selama dua minggu, kemudian dilakukan evaluasi oleh tim pengmas serta Puskesmas Cibiru Hilir pada tanggal 4 November 2019.

Hasil kegiatan: Berjalannya diskusi sesama anggota peer group pengenai program kejja yang akan dilakukan, antara lain: Membentuk website sebagai forum diskusi online, Mensosialisasikan keeksistensian pojok kespro dan peer grup di acara keputrian yang diselenggarahkan setiap hari jumat dan Program diskusi masalah kesehatan remaja yang dimonitoring oleh tim dosen dari Fakultas Ilmu Kesehatan, Univertas Bhakti Kencana dan Pembina PMR (Palang Merah Ramaja) yang terintegrasi di UKS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *